Selasa, 26 September 2017

9 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri di Perut Saat Haid

Related image

cara meredakan nyeri haid hari pertama - Jadi cewek itu memang tidak mudah! Setiap bulannya mereka harus hadapi yang namanya menstruasi. Mens itu tidak cuma masalah keluarnya darah kotor dari dalam organ intim saja, namun juga masalah bagaimana menahan rasa sakit yang terkadang tidak dipahami beberapa cowok. Baik itu nyeri, ngilu, kram, perih, dan semacamnya pasti telah akrab kami rasakan.

Seringkali bila telah menyerah, obat peluruh rasa sakit sering jadi pemecahannya. Tau sendiri kan efek obat-obatan kimia untuk kesuburan itu bagaimana? Oleh karenanya, sebelumnya anda konsumsi obat pereda nyeri baiknya tangani dahulu deh dengan beberapa pergerakan yoga simpel berikut. Dijamin pulih kok.

1. Duduk bersila 

Related image

Bicara tentang yoga pasti kita juga akan berfikir mengenai ketenangan fikiran dan jiwa dalam diri. Hal semacam ini lumrah saja karena memang beberapa gerakan yoga itu difokuskan untuk menentramkan diri. Satu diantaranya yaitu duduk bersila.

Langkahnya duduklah bersila lalu letakan tanganmu pada semasing ujung dengkul. Pose simpel begini diakui dapat memperlancar pernapasan dan mereggangkan otot-otot yang kaku. Hingga badanmu pun semakin lebih santai sekaligus nyeri menyusut.

2. Seated Forward Fold 

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Ketika tengah haid terkadang nyeri keluar dibagian perut bawah, kan? Nah untuk mengatasinya anda dapat melakukan pose seated forward fold. Pose ini serupa sekali dengan pemanasan berolahraga yang sering anda kerjakan ketika di sekolah.

Pertama duduklah dengan ke-2 tangan dan kakimu diluruskan ke depan. Tundukkan kepala sembari ke-2 tangan lurus dan berupaya menyentuh jari-jari kaki dengan perlahan-lahan.

Note : baiknya janganlah paksakan diri dahulu apabila anda belum juga dapat mengerjakannya dengan prima.

3. Pergerakan merengek (balasana) 

cara mengatasi nyeri haid pms mens

Pose ini sering dimaksud dengan pose a la anak kecil. Walau saat ini anda telah besar, tidak ada kelirunya mengaplikasikan pose ini. Karena kenyataannya, pergerakan merengek serupa anak kecil ini ampuh meredakan nyeri haid lho.

Langkahnya tempatkan badan tengah bersujud, lalu bentangkan tangan ke depan sampai menyentuh lantai. Pertahan tempat tangan itu sembari ambil nafas beberapa perlahan dengan hitungan sampai 10 kali. Yakin deh, rasa nyeri dan tidak nyaman pada badanmu karena mens juga akan selekasnya pupus.

4. Pavanamuktasana 

cara mengatasi nyeri haid mens pms

Sedang untuk anda yang sulit kentut, pencernaan kurang lancar, dan nyeri perut coba untuk melakukan pergerakan yoga pavanamuktasana ini.

Baringkan badanmu, lalu tekuk satu atau dua kaki dengan tangan menarik sampai menyentuh bagian dada. Pergerakan ini dapat memperlancar sistem pencernaan sekaligus buat perutmu terasa tambah nyaman.

Baca juga : senam untuk wajah yang mengendur

5. Locust Pose (tengkurap) 

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Mungkin anda juga sering tengkurap ketika nyeri tengah berada di puncaknya. Namun tahukah, sesungguhnya memang ada lho pergerakan tengkurap yang ampuh untuk menangani nyeri haid. Yup, namanya locust pose.

Tempatkan badanmu tengkurap, lalu tangan diarahkan lurus ke belakang punggung. Janganlah lupa mengangkat dada dan kakimu bebarengan sembari menghela nafas. Untuk hasil paling baik kerjakan pergerakan ini sampai lima kali hela nafas panjang ya.

6. Cat Pose atau Marjaryasana 

cara menghilangkan nyeri perut saat haid

Dari namanya saja pasti kita sudah mengetahui bagaimana pose ini nanti. Sesuai sama namanya, cat pose adalah pergerakan yoga yang serupa dengan kucing ketika merangkak. Pergerakan ini dikenal juga dengan nama Marjaryasana.

Pose ini dilakukan dengan membengkokan punggung ke atas dan ke bawah serupa seperti kucing. Periode waktu untuk mengerjakannya yaitu 5 menit atau 10 kali helaan nafas panjang. Terkecuali menangani nyeri, pose ini dapat juga merileksasi otot punggung dan kaki hingga juga akan buat badanmu tambah nyaman.

7. Sikap lilin 

cara menghilangkan nyeri ngilu haid

Bila anda sering merasa nyeri ketika berbaring, mungkin anda dapat buat macam beda dengan sikap lilin. Baringkan badanmu sembari mengangkat kaki ke atas lurus sejajar dengan tembok.

Janganlah lupa angkat pinggulmu agar otot jadi lebih santai. Dengan sikap ini juga akan melakukan perbaikan peredaran darah di badanmu sekaligus menangani sakit kepala, karena aliran darah menuju ke otak jadi lebih lancar.

8. Pergerakan jongkok 

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Dalam yoga pergerakan satu ini sering dipakai ketika pose duduk berjalan. Walau sedikit susah, namun anda dapat membiasakan diri dengan pergerakan jongkok umum dan dilanjutkan dengan memutar bagian badan atas dengan perlahan-lahan.

Nah jika telah agak lentur, coba untuk meletakan dua tangan di belakang punggung seperti pada gambar. Tarik dengan perlahan seperti ketika anda ‘mulet’ agar lebih terasa faedahnya.

Dengan memutar bagian badan atas ini, maka dadamu pun semakin lebih lega dan dengan automatis sistem pernafasan jadi lancar. Mudah kan?

9. Pose 1/2 kayang 

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Yang paling akhir yaitu pose 1/2 kayang. Kesusahan yang biasanya dihadapi ketika mengaplikasikan pergerakan ini yaitu keseimbangan badan dan beberapa juga yang bahkan juga alami kesakitan saat mendongakkan kepala.

Namun semuanya tidak apa seandainya anda mengerjakannya dengan hati-hati. Langkahnya tempatkan badanmu lurus dengan menekuk ke-2 kaki. Lalu dengan perlahan-lahan tempatkan kepalamu mendongak dengan ke-2 tangan yang menyentuh tumit. Tahan selama 30-60 detik agar lebih terasa faedahnya.

Bila dilakukan dengan baik dan teratur maka pergerakan ini juga akan ampuh mengatasi nyeri haid karena fokus pada otot yang biasanya kaku saat datang bulan.

PMS memang jadi masalah untuk cewek setiap bulannya. Tetapi dengan melakukan pergerakan simpel di atas, pasti tidak ada sekali lagi alasan untuk konsumsi obat-obatan bukan? Asal anda kerjakan dengan perlahan-lahan, dijamin badanmu juga akan kembali nyaman untuk melakukan kesibukan. Mudah-mudahan berguna.

0 komentar:

Posting Komentar